Kamis, 12 September 2019

Resensi Buku Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan(perpustakaan fbs UNY)

                                                                                           

Resensi Buku Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan

Judul buku                  : Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan
Penulis buku                : Syafaruddin
Penerbit buku              : Grasindo
Tahun terbit                 : 2002
Jumlah halaman           : 130 halaman
Buku ini terdiri dari IV bab. Kita akan mengupas satu-persatu untuk masing-masing babnya. Berikut penjelesannya            :
Bab I PENDAHULUAN
  • Pendidikan Kita di Tengah Globalisasi
Globalisasi ditandai dari pergeseran tiga bidang, yaitu: ekonomi, politik, dan budaya. Dunia pendidikan juga menerima pengaruh era informasi. Ditemukan beberapa faktor yang diidentifikasi menjadi penghambat potensial mutu pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan dasar. Manajemen yang berorientasi meningkatkan mutu pendidikan adalah kebutuhan hari ini untuk menjawab tantangan masa depan.
  • Tantangan Manajemen Pendidikan
Manajemen sekolah harus mengembangkan kreativitas, inovasi, dan modernisasi bagi fokus pada pelanggan pendidikan. Dengan kata lain, salah satu strategi yang menentukan mutu pengembangan SDM di sekolah untuk kepentingan bangsa di masa depan adalah peningkatan kontribusi manajemen pendidikan yang berorientasi mutu.
  • Peningkatan Mutu Pendidikan
Sekolah adalah pusat perubahan. Sekolah adalah suatu organisasi. Jangan sampai terjadi kehilangan generasi disebabkan rendahnya mutu pendidikan yang mengakibatkan bangsa Indonsesia kekurangan SDM unggul.
Bab II KONSEP DASAR MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PENDIDIKAN
  • Pengertian Manajemen Mutu Terpadu
Dari berbagai pendapat, dapat disimpulkan bahwa manajemen mutu terpadu merupakan suatu teori ilmu manajemen yang mengarahkan pimpinan organisasi dan personelnya untuk melakukan program perbaikan mutu secara berkelanjutan yang terfokus pada pencapaian kepuasaan para pelanggan.
  • Falsafah Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan
    1. Reaksi berantai untuk perbaikan kualitas
    2. Transformasi organisasi
    3. Peran esensial pemimpin
    4. Hindari praktik manajemen yang merugikan
    5. Penerapan system of profound knowledge
  • Hakikat Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan
    1. Pencapaian dan pemuasan harapan pelanggan
    2. Perbaikan terus-menerus
    3. Pembagian tanggung jawab dengan para pegawai
    4. Pengurangan sisa pekerjaan dan pengerjaan ulang
  • Mengapa Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Diperlukan?
Para pendidik harus bertanggung jawab terhadap urusan pekerjaan mereka secara proaktif. Pendidikan membutuhkan proses penyelesaian masalah yang bijaksana. Keuntungan penerapan manajemen mutu terpadu dalam pendidikan:
  1. Memperkuat organisasi sekolah
  2. Meningkatkan partisipasi setiap orang yang terlibat dalam penyelenggaraan sekolah
  3. Mengarahkan para orang tua dan pelajar untuk membuat saran demi memajukan keadaan sekolah.
Bab III PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PENDIDIKAN
  • Kepemimpinan untuk Mutu Pendidikan
  1. Hakikat pemimpin
Kepemimpinan merupakan konsep hubungan manusia dalam spektrum luas yang esensinya bertumpu pada kemampuan mempengaruhi seseorang atau orang lain.
  1. Kepemimpinan pendidikan
Fungsinya harus tertuju pada mutu belajar serta semua staf pendukungnya.
  1. Peran pemimpin lembaga pendidikan
Menangani mutu pembelajaran dan mendukung para staf yang berusaha mencapainya.
  • Pemberdayaan Guru
Bersifat humanistik. Pemberdayaannya dapat berupa pembagian tanggung jawab.
  • Kelompok Kerja untuk Meraih Mutu
Tim kerja pada setiap organisasi merupakan komponen utama dalam pelaksanaan manajemen mutu terpadu untuk membangun kepercayaan dan mengembangkan kemandirian.
  • Alat dan Teknik Perbaikan Mutu
Alat yang dapat digunakan dalam perbaikan mutu pendidikan:
  1. Gugah pikiran
  2. Jaringan kerja kemiripan
  3. Diagram tulang ikan
  4. Analisis keadaan lapangan
  5. Pendiagraman
  6. Diagram arus
  7. Analisis pareto
  8. Pengukuran kinerja
  9. Pemetaan arah karier
  • Strategi Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan
Prinsip manajemen mutu terpadu dalam pendidikan:
  1. Komitmen manajemen terpadu
  2. Selalu mengutamakan pelanggan
  3. Komitmen terhadap tim kerja sama
  4. Komitmen terhadap manajemen pribadi dan kepemimpinan
  5. Komitmen terhadap perbaikan terus-menerus
  6. Komitmen untuk meraih mutu
Bab IV MANAJEMEN MUTU TERPADU DAN SEKOLAH EFEKTIF
  • Menuju Sekolah Efektif
Sekolah efektif adalah sekolah yang dikelola dengan manajemen fungsional oleh kepala sekolah dengan memfungsikan secara bersama staf dan guru-guru dalam bekerja untuk mencapai tujuan sekolah. Karakteristik sekolah efektif adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki etos sekolah yang baik
  2. Manajemen kelas yang baik
  3. Harapan guru yang tinggi
  4. Guru sebagai contoh teladan yang positif
  5. Umpan balik yang positif dan memberikan perlakuan terhadap siswa
  6. Koordinasi kerja yang baik antara guru dan pelajar
  7. Tanggung jawab murid, dan
  8. Staf membagi aktivitas antara staf dan pelajar
  • Perubahan Budaya Sekolah
Pada pokoknya ditentukan oleh atmosfer budaya yang dikembangkan oleh kepala sekolah bersama dengan guru-guru. Jangan terlalu besar dan harus hati-hati dalam penerapan manajemen mutu terpadu agar tidak terjebak dalam situasi kehilangan daya mutu terpadu.
  • TQM dalam Proses Pengajaran
Menyediakan peluang bagi perbaikan mutu sekolah menuju sekolah efektif. TQM merupakan transformasi budaya komprehensif yang mendukung filosofi organisasi secara kuat.
  • Menciptakan Sekolah Efektif dengan Manajemen Mutu
Penerapan manajemen mutu terpadu dalam pendidikan melewati beberapa proses sejak dari persiapan, perencanaan, dan pelaksanaan mutu jasa layanan pendidikan yang diharapkan para pelanggan pendidikan. Sehingga mereka yang putus sekolah dan pengangguran bisa diperkecil dalam dunia pendidikan.
  • Refleksi untuk Meraih Mutu Sekolah
Untuk menerapkan manajemen mutu dalam pendidikan dierlukan sejumlah alat dan teknik yang dapat dipilih sesuai dengan permasalahan pendidikan yang ada. Sebab untuk meraih mutu penggunaan alat dan teknik harus digunakan tim mutu dan gugus kendali seperti KKG dan sebagainya.
Kelebihan dan kekurangan buku
Kelebihan        : dilihat dari isi dan pemaparannya, buku ini sangatt bagus. Terutama untuk menambah pengetahuan kita terhadap persoalan manajemen mutu pendidikan, terlebih juga pada konsentrasi sekolah efektif.
Kekurangan     : bagi saya, buku ini hanya mempunyai satu kekurangan yaitu penggunaan bahasanya yang menggunakan kata-kata yang jarang dijumpai. Sehingga sebagai pembaca, kadang merasa bingung dengan makna kata yang digunakan.
Demikian uraian resensi saya mengenai buku yang berjudul Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Semoga dapat bermanfaat.
link terkait:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bonjour!!